Beberapa kasus file saat di print terjadi missing font, ada gambar yang hilang atau ada shadow transparansi yang tidak jadi saat di print (terdapat kotak)

Agar file sesuai desain saat di print ada beberapa aspek yang harus diperhatikan :

Format File
Usahakan menggunakan format Adobe Acrobat Pdf (sangat dianjurkan menggunakan mode PdfX-1A) atau Image (JPG, TIFF), Dengan menggunakan type file tersebut dapat meminimalisir kesalahan cetak/print dikarenakan ada komponen yang tidak lengkap. Jika menggunakan file CorelDraw (Cdr), PhotoShop (Psd), InDesign (In), Adobe Illustrator (Ai) harus dipastikan komponen seperti font dll di embeded (disertakan).

Resolusi Desain
Untuk produk print A3+ menggunakan resulusi tinggi yaitu 300dpi (dot per inch) jika dibawah itu akan menghasilkan kualitas print yang kurang bagus (pecah/blur), untuk produk lain seperti Indoor menggunakan resolusi 72dpi-150dpi tergantung dari file tsb, untuk produk Outdoor menggunakan resolusi 72dpi. Untuk produk Indoor dan Outdoor tidak memerlukan resolusi sampai 300dpi dikarenakan akan hasilnya sama dan akan membuat lama proses ripping (proses print merubah dari file ke bahasa mesin)

Mode Warna (CMYK)
Pastikan mode warna yang dipakai saat desain adalah CMYK bukan RGB, jika menggunakan RGB harus diconversi terlebih dahulu menjadi CMYK. Mode warna ini penting agar warna hasil print sesuai dengan warna yang ada di monitor saat desain karena mesin printer terdiri dari 4 warna yaitu Cyan Magenta Yellow blacK (CMYK) sedangkan monitor/sinar terdiri dari warna Red Green Blue (RGB).

Huruf (Font)
Agar menghindari dari missingfont adalah melakukan convert text dari font menjadi path vector atau bitmap. hal ini wajib dilakukan karena saat melakukan proses print belum tentu preusahaan memiliki jenis font yang digunakan.

Bleed / Cross Potong, Area Print Aman.
Bleed adalah daerah pinggir area gambar yang berfungsi untuk mengantisipasi hasil tidak rapi saat pemotongan (terdapat sisa putih dari hasil potong). Area print aman adalah area desain dimana text/isi materi tidak mepet dengan besar kertas sehingga saat proses produksi akhir/pemotongan tidak ada isi materi/text yang terpotong. Kedua hal ini sangat penting diperhatikan agar hasil akhir bisa rapi dan tidak ada kesalahan sesuai dengan desain.